Edunomics Journal
Vol. 5 No. 2 (2024): Edunomics Journal

Peningkatan Kinerja UMKM Saat Pandemi Covid-19 Melalui Kesiapan dan Inovasi Digital Improving SMEs Performance During Covid-19 Pandemic Through Digital Readiness and Innovation

Maria Yanida (Unknown)
Ni Putu Agustinawati (Unknown)
Arif Widyatama (Unknown)
Pipin Fitriasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujin hubungan antara kesiapan teknologi dan inovasi digital dalam mempengaruhi kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Tengah. Penelitian in merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Jumlah sampel yang diperoleh sebesar 81 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan teknologi dan inovasi digital berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja UMKM saat pandemic bahkan sangat dibutuhkan. Teknologi yang digunakan mencakup seluruh penggunaan teknologi dari saat perencanaan hingga pembukuan. Hasil penelitian ini memiliki indikasi bahwa pemilik UMKM di Kalimanta Tengah ketika masa pandemic memiliki kemauan dan kemampuan untuk melakukan inovasi mengena digitalisasi agar mampu bertahan ketika masa pandemic. Inovasi digital ini mencakup dalam banyak hal dari inovasi digitalisasi dalam bentuk produk, pemasaran, pembukuan maupun mengenai perencanan yang harus dimulai dengan menggunakan digitalisasi. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa teknologi merupakan hal yang substansi dalam UMKM. Pemikiran awal atau konvensional harus bergeser pada literasi digital. Pemahaman mengenai literasi digital di UKM yang rendah dapat mengakibatkan kesulitan dalam beradaptasi pada masa pandemik saat ini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Edunomics Journal offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Edunomics Journal provides informative ...