JMI
Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal : Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya

IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING BERBASIS AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN DISIPLIN SISWA SMA TAMAN MADYA 5 CABANG RAWAMANGUN JAKARTA PUSAT

Haris, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Bimbingan Konseling Berbasis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Disiplin Siswa SMA Taman Madya 5 Cabang Rawamangun Jakarta Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan sumber utama tesis ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang beragam tersebut dianalisis melalui pendekatan model studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi implementasi bimbimgan konseling berbasis al– Qur’an, terdiri dari tiga tahapan yaitu: a) implementasi bimbingan konseling berbasis Al-Qur’an dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, b) nilai-nilai Al-Qur’an di terapkan dalam bimbingan konseling untuk memberikan kesadaran pada siswa bahwa segala sesuatu itu termasuk kesenangan, kesedihan dan keberhasilan adalah kehendak allah, c) kalimah-kailmah islami yang sering diberikan adalah rajin ibadah, berdoa, dan berzikir kepada Allah swt. Kedua, Pada prinsipnya pelaksanaan bimbingan konseling berbasis Al-Qur’an tidak mengalami kendala-kendala yang memberatkan siswa dalam menerima bimbingan konseling berbasis al-Qur’an. secara keseluruhan siswa tambah senang dengan nasehat-nasehat agama dari guru bimbingan konseling. Hal ini bisa dilihat dari perilaku siswa ketika ketemu guru selalu mengucapkan salam dan mencium tangan guru, tadarus al-Qur’an setiap pagi dengan penuh antusias dan tertip, dan berdo’a sebelum belajar dan setelah belajar. Ketiga, Bimbingan konseling berbasis al-Qur;an bagi siswa sangat bermanfaat. Isi dari bimbingan konseling berbasis al-Qur’an adalah nasehat-nasehat agama yang sangat diperlukan oleh siswa. Nasehat agama sangat mendukung kedisplinan siswa karena agama tidak bisa lepas dari kehidupan seorang muslim. Agama adalah panduan dan acuan dalam menjalani hidup untuk sukses dunia dan akherat. Tanpa agama manusia akan terombang ambing dalam berkehidupan di dunia. Maka diperlukan nilai-nilai agama untuk mengisi hati sanubari siswa untuk menopang perilaku yang baik. Bimbingan konseling sangat memperioritaskan bimbingan hati nurani dan mental. Sehingga dengan menyentuh hati nurani mereka bisa tersadarkan dari keterpurukan akhlak dan perilaku yang kurang baik (madzmumah)

Copyrights © 2024






Journal Info
JMI

Abbrev

madaniinstitute

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal MADANI Institute menerima kontribusi tulisan yang berkaitan dengan studi-studi Politik, Hukum, ekonomi, Pendidikan, Sosial dan Budaya baik berupa artikel, laporan penelitian maupun tinjauan ...