The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 No. 1 Maret 2022

Pemanfaatan Pembelajaran Aktif Learning Start With A Question dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas XI di MAN Model Manado

Alkatiri, Rahmawaty (Unknown)
Jusuf, Rahmatias (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini diangkat atas dasar pemikiran yang menyatakan bahwa pemanfaatan pembelajaran aktif Learning Start With A Question dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak  pada siswa kelas XI di MAN Model Manado. Pembelajaran aktif sangat penting diterapkan pada mata pelajaran aqidah akhlak karena mata pelajaran aqidah akhlak merupakan salah satu bidang studi yang membahas tentang ahlak atau sikap setiap individu.  Penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan pembelajaran aktif Learning Start With A Question dalam meningkatkan  hasil belajar akidah akhlak pada siswa kelas XI MAN Model Manado, dan hambatan serta solusi apa saja yang dapat dirumuskan dalam pemanfaatan pembelajaran aktif Learning Start With A Question.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa Proses pemanfaatan pembelajaran aktif dengan Strategi Learning Start With A Questions dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak berdasarkan data yang diperoleh di lapangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpai

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya ...