Penelitianl ini bertujuanl untukl menganalisisl penerapan modell pembelajaran lProject Based Learningl (PjBL) padal mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK PGRI Dampit. Penelitian ini didasarkan sebagai upaya dalam peningkatan kreativitas dan pemahaman peserta didik pada matal pelajaran Pendidikanl Pancasila kelas 10 materil Sejarah Lahirnya Pancasila dan Implementasi Dalaml Kehidupan lSehari-hari. Teknikl pengumpulan datal pada penelitianl ini adalahl observasi, lwawancara, tes, danl dokumentasi dengan menggunakan metode penelitianl kualitatif deskriptif. Hasil penelitianl menunjukkan bahwal pelaksanaan modell pemeblajaran Project Basedl Learning (PjBL) Kelasl 10 DKV di SMK PGRI Dampit Kabupatenl Malang yang terdiril dari 20 peserta didik mengalami perubahan tingkat kreativitas dan pemahaman peserta didik. Hall tersebut dibuktikan daril adanya peningkatanl hasil lpre-test danl post-testl serta adanya kesesuaian pada proyek video animasi pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kreativitas peserta didik, pemahaman, gotong-royong dalam lproses pembelajaran dil kelas gunal meningkatkan kreativitasl dan pemahaman pesertal didik.
Copyrights © 2024