Scaffolding merupakan pendekatan yang merujuk pada pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dan mengurangi frekuensi bantuan tersebut secara berkala. Pada konsep Zone Of Proximal (ZPD) dalam pembelajaran sejarah merupakan zona di mana siswa dapat mencapai sesuatu dengan usahanya sendiri atau bantuan dari orang lain, yang dalam konteks ini adalah memahami materi pembelajaran Sejarah. Peran guru dalam metode ini adalah sebagai fasilitator yang bertugas memberikan sarana atau wadah kepada siswa untuk mendukung proses belajarnya, memberikan bimbingan kepada siswa atau yang disebut dengan Scaffolding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik analisis data secara induktif dari informasi atau data-data yang telah diperolah di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan Langkah-langkah penerapan metode Scaffolding pada Zone Of Proximal (ZPD) pada pembelajaran sejarah di kelas XI-3 SMA Negeri 1 Malang dengan tetap mempertimbangkan kemampuan awal dan karaktersitik kebutuhan dan gaya belajar siswa.
Copyrights © 2024