Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam

Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Diskusi dalam Mengurangi Perilaku Bullying di MTs Negeri 1 Cirebon

Aisyah, Siti (Unknown)
Ibnudin , Ibnudin (Unknown)
Masruroh , Latifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Bullying adalah perilaku yang tidak menyenangkan yang dapat merugikan baik fisik maupun mentalnya, bullying  yang dilakukan oleh siswa dapat mengakibatkan dampak yang sangat buruk terutama korban perilaku bullying, harus adanya upaya guru bimbingan dan konseling dalam menangani hal tersebut, agar dapat mencetak generasi anak didik yang sehat baik secara akademis maupun mentalnya. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan populasi siswa MTs Negeri 1 Cirebon dan sampelnya adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Cirebon. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan angket, dengan menggunakan pretest dan posttest sebagai instrumen atau alat ukur yang selanjutnya dianalisis menggunakan one sample t test. Hasil dari penelitian ini adalah potensi perilaku bullying dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor individu, faktor keluarga, dan faktor lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi tidak menghasilkan perubahan pada potensi perilaku bullying. Hal ini menunjukkan bahwa ada faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan untuk mengurangi potensi perilaku bullying.  Berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa MTS Negeri 1 Cirebon menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi dalam mengurangi perilaku bullying di MTS Negeri 1 Cirebon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cs

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Aim and Scope Counselia, Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam is articles on practice, theory, and research in Islamic educational guidance and ...