Berbicara adalah keterampilan lingkuistik yang sangat penting karena digunakan dalam situasi sehari-hari. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah karena kurangnya kepercayaan diri dan akses ke sumber daya yang memberi mereka kesempatan berbicara saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, menggunakan metode role playing dalam pembelajaran adalah salah satu solusi yang digunakan untuk memperkuat keterampilan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas penerapan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan studi literatur, yang terdiri dari 11 publikasi yang berkaitan dengan topik penelitian yang bersumber dari Google Scholar periode 5 tahun terakhir. Temuan studi literatur menunjukkan bahwa metode role playing dianggap sebagai strategi pengajaran yang menarik dan inovatif yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2024