Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendididikan lebih lanjut. Pengembangan kecerdasan manusia hendaknya dilakukan sejak anak usia dini. Pada anak usia sekitar 5 tahun merupakan masa keemasan (golden age) yang perkembangan kecerdasannya mencapai 50% kapasitas kecerdasan orang dewasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa Kelompok B KB Al Sabilillah berjumlah 16 siswa. Hasil penilitian menunjukkan bahwa hubungan pembelajaran berbasis alam terhadap kecerdasan naturalis itu sangat kompeten dan baik terlebih sekolah KB Al Sabilillah selalu memfasilitasi dan membimbing untuk memunculkan kecerdasan naturalis anak dengan planing pembelajaran yang sekolah tersebut buat secara teliti. Dengan pembelajaran menyenangkan tetap mengenal baca, tulis dan hitung dengan cara yang menyenangkan tanpa disadari anak tersebut sedang belajar itu. Gambaran yang berpengaruh pada pembelajaran yang berbasis alam ini menunjukkan anak yang memiliki kecerdasan naturalis sangatlah banyak karena keberhasilan kerja sama guru dan sekolah serta orangtua dalam tetap mendukung pembelajaran yang dilakukan di sekolah dan dilingkungan rumah.
Copyrights © 2024