JURNAL ANSIRU PAI : Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
Vol 8, No 1 (2024): JURNAL ANSIRU PAI

TANTANGAN DAN STRATEGI MENGATASI PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 SURABAYA

Afifah, Laela Nur (Universitas Sunan Giri, Sidoarjo)
Maulana El-Yunusi, Muhammad Yusron (Universitas Sunan Giri, Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan serta strategi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Surabaya. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode utama berupa wawancara mendalam. Sampel penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, variasi latar belakang siswa, dan kurangnya dukungan teknologi dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi tantangan ini, beberapa strategi yang telah diimplementasikan antara lain peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan rutin, pengembangan materi pembelajaran yang lebih kontekstual, serta integrasi teknologi secara bertahap dalam proses belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan pendekatan yang adaptif dan kolaboratif, tantangan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diatasi, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di MIN 2 Surabaya. Temuan ini diharapkan  dapat  memberikan  kontribusibagi  perbaikanpraktik pembelajaran di sekolah-sekolah serupa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ansiru

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL ansiru PAI is a scientific journal on Teacher Training and Development of Islamic Education. The journal is managed by Master Degree Program under the Faculty of Islamic Education and Teacher Training (FITK) of the State Islamic University of North Sumatera (UIN Sumatera Utara). This journal ...