Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan serta strategi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Surabaya. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode utama berupa wawancara mendalam. Sampel penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, variasi latar belakang siswa, dan kurangnya dukungan teknologi dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi tantangan ini, beberapa strategi yang telah diimplementasikan antara lain peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan rutin, pengembangan materi pembelajaran yang lebih kontekstual, serta integrasi teknologi secara bertahap dalam proses belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan pendekatan yang adaptif dan kolaboratif, tantangan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diatasi, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di MIN 2 Surabaya. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusibagi perbaikanpraktik pembelajaran di sekolah-sekolah serupa.
Copyrights © 2024