Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 2, No 2 (2023): Edisi November

IMPLEMENTASI POJOK BACA OLEH MAHASISWA KM5 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Safira, Bella Indah (Unknown)
Wibowo, Dwi Cahyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Program kampus mengajar merupakan salah satu program pemerintah untuk mewujudkan kegiatan MBKM  (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka). Program ini diperuntukan mahasiswa dari seluruh program studi di  perguruan tinggi untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan dasar terutama di daerah 3T. Adapun  kegiatan kampus mengajar ini meliputi: kegiatan literasi dan numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi  sekolah. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah melihat perkembangan  keterampilan literasi numerasi siswa SD Negeri 02 Jantaan di sebuah sekolah dasar di Kabupaten Landak yang terdapat  hambatan dan tantangan tersendiri dalam proses meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi. Metode  penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan peneliti bertindak sebagai observer. Hasil  penelitian menunjukan bahwa siswa SD Negeri 02 Jantan sangat tertarik dengan pojok baca yang dibuat untuk mempermudah siswa untuk membaca buku. Pojok baca dapat digunakan kapan saja terkhususnya pada wajib membaca 10 menit sebelum pelajaran dimulai hal ini dilakukan agar literasi dan numerasi siswa meningkat dengan  efektif sehingga perkembangan keterampilan dan numerasi dapat terlihat melalui peningkatan pada  siswa belum  fasih membaca dan semakin baik pada kelompok siswa yang sudah fasih membaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

absa

Publisher

Subject

Education

Description

JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat adalah jurnal untuk publikasi artikel hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. JPPM terbit dua kali dalam setahun, yaitu April dan ...