Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD matematika dan mengetahui kualitas LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi segitiga. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yaitu mengembangkan LKPD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian pada pengembangan ini adalah dua orang validator yang terdiri dari validator uji ahli materi, validator uji ahli desain dan media, dan juga sasaran pemakai dari produk ini adalah peserta didik kelas VII SMP 22 Kota Jambi. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dan tes kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian kemampuan berpikir kritis. Pencapaian keterampilan berpikir kritis pada penelitian ini diukur dari lima aspek yaitu: memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, memberikan kesimpulan, membuat penjelasan lebih lanjut dan strategi dan taktik. Rata-rata persentase dari lima aspek keterampilan berpikir kritis yang dicapai peserta didik sebesar 70,8 dan masuk kategori sedang. Berdasarkan perhitungan hasil pretest dan posttest diperoleh peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kategori tinggi dengan niali N-gain sebesar 0,84. Dan hasil analisis dari angket persepsi peserta didik didapatkan persentase > 80% yang dinyatakan sangat positif. Dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan sangat baik dan dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik sehingga LKPD efektif digunakan oleh pendidik dan peserta didik SMP khususnya pada materi segitiga. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). materi segitiga. inkuiri terbimbing. berpikir kritis.
Copyrights © 2024