Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap fungsi sosialisasi dalam kelurga di Desa Kerta Rahayu Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Subyek yang dipakai dalam penelitian ini adalah 5 orang Tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data di analisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap fungsi sosialisasi sangat penting dikarenakan dengan adanya fungsi sosialisasi dalam kelurga sehingga orang tua dapat mengetahui fungsi Agama, fungsi cinta kasih, fungsi sosial budaya, fungsi Pendidikan dan lingkungan. Penelitian ini di latarbelakangi karena suatu keadaan dimana ada beberapa orang tua yang bekerja diluar rumah, sehingga berdampak terhadap tumbuh kembang anak karena kurangnya sosialisai dan komunikasi antar keluarga. Pentingnya komunikasi dan sosialisasi di dalam kelurga itu sangat penting terutama antara orang tua dan anak untuk bekal dalam melanjutkan pembelajaran di jenjang Pendidikan berikutnya yang lebih tinggi. Di samping itu kedekatan antara orang tua dan anak akan lebih terjalin lebih dekat, sehingga berdampak positif diantara kedua belah pihak. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana Peranan Pendidikan di dalam lingkungan kelurga ? Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran orang tua dalam membina keterampilan berkomunikasi pada anak usia dini 4-5 tahun ada tiga aspek yaitu keterbukaan kemampuan untuk membuka dan mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada orang lain, empati dalam melakukan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, serta menjaga dan melestarikan hubungan antar keluarga. (2) membina keterampilan bersosialisasi Pendidikan dalam keluarga pada anak usia dini yang dilakukan orang tua dapat meningkatkan kecerdasan motorik halus
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024