Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana; (2) persepsi siswa tentang aspek penyajian substansi materi; (3) persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi e-learning berbasis Web; (4) persepsi siswa tentang pengetahuan dan keterampilan dalam mengoperasikan pc, leptop, tablet, handphone; (5) persepsi siswa terhadap kreatifitas dalam pengembangan bahan ajar virtual yang efektif dan efisien. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Larantuka, program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti. Populasi 190 siswa. Sampel 116 siswa. Teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis deskriptif, Hasil penelitian: (1) persepsi siswa terhadap ketersediaan sarana dan prasarana, rata-rata skor empirik 33,93, skor teoretik 71 atau 61,21%, kategori skor SS; (2) persepsi siswa tentang aspek penyajian substansi materi dalam pembelajaran daring, rata-rata empirik sebesar 28,66, skor teoretik 50 atau 43,19%, kategori skor S; (3) persepsi siswa dalam menggunkan aplikasi e-learning berbasis Web, rata-rata empirik sebesar 25,45, skor teoretik 86 atau 74,14%, kategori skor TS; (4) persepsi siswa dalam mengoperasikan pc, leptop, tablet handphone dalam pembelajaran daring. rata-rata empirik sebesar 21,72, skor teoretik 81 atau 69,83%, kategori skor TS; dan (5) persepsi siswa terhadap pengembangan bahan ajar virtual yang efektif dan efisien, rata-rata empirik sebesar 29,91, skor teoretik 57 atau 49,14%, kategori skor TS.
Copyrights © 2024