Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pemahaman siswa tentang pengembangan multimedia berbasis video pada mata pelajaran konstruksi bangunan di SMKN Bakalang. Metode penelitian deskriptif, populasi sebanyak 70 siswa. Teknik sampling disproporsional startified random sampling, dan penetuan jumlah sampel dengan formulasi slovin, jumlah sampel sebagai responden penelitian sebanyak 41 siswa, yaitu kelas X 18 siswa, kelas XI 12 siswa, dan kelas XII 11 siswa. pengumpulan data melalui pengisian kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kondisi pembelajaran dengan skor empirik 60 menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran berada pada interval skor teoretik antara 47-57 dengan skor 19 atau 46,34% yang berarti bahwa rata-rata kondisi pembelajaran berada dengan kategori sangat baik (SB). Sedangkan hasil penelitian tentang peningkatan minat belajar menunjukkan bahwa rata-rata skor empirik 59 menunjukkan bahwa kondisi peningkatan minat belajar berada pada interval skor teoretik antara 56-68 dengan skor 20 atau 48,78%. Menunjukkan bahwa rata-rata kondisi pembelajaran berada dengan kategori sangat setuju (SS). Hasil penelitian tentang peningkatan prestasi hasil belajar dengan rata-rata skor empirik 77 menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa berada pada interval skor teoretik antara 86-88 dengan skor 23 atau 56,10%. yang berarti bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar sangat tinggi (ST).
Copyrights © 2024