Convergence; Jurnal Oneline Jurnalistik
Jurnal Online Jurnalistik

Representasi Standar Kecantikan Perempuan Indonesia Dalam Iklan Skincare Emina

Madani, Seftia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang representasi standar kecantikan perempuan Indonesia dalam iklan skincare Emina berjudul Emina Sun Battle dan EminAuteentic, yang berdasar pada pengertian bahwa kecantikan terdiri dari dua unsur yakni kecantikan lahiriah dan kecantikan batiniah. Metode penelitian yang digunakan termasuk dalam penelitian kuantitatif, dengan data dikumpulkan melalui observasi, studi pustaka dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teori representasi model Encoding-Decoding menurut Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa bentuk representasi standar kecantikan dalam iklan skincare Emina, yaitu: standar kecantikan lahiriah atau kecantikan fisik direpresentasikan dengan perempuan berkulit putih, wajah mulus, model dan gaya rambut apapun, serta perempuan bertubuh kecil dan langsing. Adapun standar kecantikan batiniah atau inner beauty, direpresentasikan dengan keceriaan, menjadi dirinya sendiri, pekerja keras dan pantang penyerah, serta perempuan dengan kebaikan hati dan tolong menolong. Kata Kunci : Representasi, Encoding-Decoding, Kecantikan, Iklan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnalistik

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Convergence merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo. Convergence jurnal fokus pada kajian media massa, ilmu komunikasi dan informasi, terbit dua kali dalam setahun dengan edisi april dan oktober. Convergence jurnal ...