Convergence; Jurnal Oneline Jurnalistik
Jurnal Online Jurnalistik

Perilaku Conspicuous Consumption untuk Konten Narsistik di Media Sosial Instagram

Wildan, Wildan (Unknown)
Amos, Amos (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Media sosial memudahkan proses interaksi sosial dengan konektivitas tanpa batasan ruang dan waktu. Interaksi yang didukung oleh media sosial Instagram adalah berbagi konten gambar dan video, memberikan komentar dan berbincang secara langsung. Fitur berbagi konten kini banyak dimanfaatkan untuk menampilkan conspicuous consumption atau konsumsi mencolok yang bertujuan untuk memposisikan diri seseorang dalam status sosial. Konten tersebut dinilai sebagai konten narsistik untuk membentuk citra ideal dari seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menggali sikap, perilaku, dan pendapat dari sudut pandang subjek perilaku konsumsi mencolok untuk konten di media sosial. Penelitian ini membahas mengenai perilaku konsumsi mencolok untuk konten narsistik di media sosial. Hasil penelitian ini adalah perilaku tersebut didorong oleh faktor sosiopsikologis dan persepsi yang muncul dari interaksi sosial dan mendorong seseorang untuk meniru atau melakukan perilaku tertentu. Kata Kunci: Konsumsi Mencolok; Media Sosial; Narsisme.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnalistik

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Convergence merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo. Convergence jurnal fokus pada kajian media massa, ilmu komunikasi dan informasi, terbit dua kali dalam setahun dengan edisi april dan oktober. Convergence jurnal ...