Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi (JMBO)

STRATEGI BERSAING MINIMARKET DI KEFAMENANU DENGAN ANALISIS LIMA KEKUATAN

Aksa, Adi Faisal (Unknown)
Lake, Yeremias (Unknown)
Timo, Fredirikus (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Perkembangan ritel (minimarket) semakin berkembang dengan pesat. Perkembangan tersebut dibutuhkan analisis lima kekuatan dengan kombinasi matriks evaluasi faktor eksternal (EFE) yang merupakan pendekatan yang telah digunakan secara luas dalam strategi pengembangan industri. Hasil penelitian, pembeli akan tetap loyal terhadap minimarket apabila selalu diadakan promo untuk barang yang dijual, karena akan menarik dan merupakan salah satu cara menghadapi persaingan; kekuatan daya tawar pemasok lebih pada tingkat kesulitan dan rintangan pendatang baru tersebut masuk dan bersaing dengan minimarket yang sudah ada, terutama pemain besar baik lokal maupun asing; tantangan pendatang baru terkait pada produk pengganti yang sudah ada toko atau pasar yang bersifat tradisional yang menjual produk relatif lebih murah dan lokasinya yang dekat langsung pada masyarakat pada taraf menengah ke bawah; tantangan produk pengganti diperlukan peningkatan bagi usaha ritel dengan penawaran produk yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat; dan persaingan antar perusahaan karena pembeli selalu mencari alternatif baru yang memberikan pelayanan baik, harga bersaing, kualitas produk, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmbo

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO) adalah media publikasi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia menerbitkan artikel-artikel ilmiah di bidang manajemen, bisnis dan organisasi. Sebagai media yang didedikasikan untuk mendorong pertukaran ide antara akademisi, pengkaji ...