cover
Contact Name
Nurul Huda
Contact Email
jmbo@jurnal-cahayapatriot.org
Phone
+6281296547169
Journal Mail Official
kontak.jmbo@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kedondong Raya No. 196, Kota Depok, Jawa Barat 16432
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi
ISSN : -     EISSN : 29624746     DOI : -
Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO) adalah media publikasi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia menerbitkan artikel-artikel ilmiah di bidang manajemen, bisnis dan organisasi. Sebagai media yang didedikasikan untuk mendorong pertukaran ide antara akademisi, pengkaji dan praktisi maka JMBO menyajikan frekuensi terbitan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu: pada bulan Mei dan November dengan fokus dan lingkup sebagai berikut: manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen strategik, manajemen logistik, manajemen kinerja, kewirausahaan, UMKM, bisnis kreatif dan inovatif, risiko bisnis, perilaku dan budaya organisasi, keputusan bisnis, serta hubungan industrial.
Articles 133 Documents
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN BRAND EQUITY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PAKAIAN DI KIOS JELITA DESA PAMBANG BARU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Huda, Nurul; Armel, Yollanda
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.839 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena banyaknya masyarakat yang berminat untuk membeli pakaian di desa Pambang Baru. Jumlah sampel yang digunakan 54 responden dari pelanggan kios Jelita Pambang Baru. Hasil penelitian ini menunjukkan harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung harga sebesar 3,659 dan nilai t hitung kualitas produk sebesar 2,288. Sedangkan brand equity berpengaruh namun tidak signifikan dengan nilai t hitung sebesar 0,567.
ANALISIS EFEKTIFITAS DAN EFESIENSI SISTEM PEMUNGUTAN RETRIBUSI TERMINAL (Studi Kasus Pada Unit Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) Di Kabupaten Malaka) Seran, Riki Bria
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.29 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahi efektivitas dan efisiensi pemungutan retribusi terminal di kabupaten Malaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa Berdasarkan analisis rasio efektivitas penerimaan retribusi terminal di kabupaten Malaka dari tahun 2016 hingga tahun 2020 menunjukan bahwa pada tahun 2016 efektivitas pemungutan retribusi terminal dikatakan tidak efektif karena memiliki rasio efektivitas sebesar 55,12 persen yang berkisar dibawah 60 persen, pada tahun 2017 pemungutan retribusi terminal dikatakan efektif karena persentase efektivitasnya sebesar 96,77 persen berkisar antara 90 -100 persen, pada tahun 2018 pemungutan retribusi terminal dikatakan sangat efektif karena persentase efektivitasnya sebesar 101,11 persen lebih besar dari 100 persen, pada tahun 2019 pemungutan retribusi terminal dikatakan kurang efektif karena persentase efektivitasnya sebesar 62,62 persen berkisar antara 60-80 persen dan pada tahun 2020 pemungutan retribusi terminal dikatakan tidak efektif karena persentase efektivitasnya sebesar 28,90 persen berkisar dibawah 60 persen. Rata-rata efisiensi penerimaan retribusi terminal di pemerintah kabupaten Malaka selama lima tahun terakhir yaitu 2016-2020 adalahsebesar 33,07 persen. Hasil ini menunjukan bahwa kinerja pemerintah kabupaten Malaka (instansi terkait) dikatakan kurang efektif dalam merealisasikan penerimaan retribusi terminal selama tahun 2016 -2020.
ANALISIS MEMPENGARUH BUKTI FISIK DAN EMPATI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN BAMBU KUNING ATAMBUA Lisu, Servina Niis
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.951 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i1.5

Abstract

Masalah pada penelitian menganalisis pengaruh bukti fisik dan Empati terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan untuk mengetahui pengaruh bukti fisik dan empati terhadap kepuasan pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer yang diperoleh melalui kuesioner kepada 50 responden. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dibuktikan pada uji t signifikasi ˂ α (0.003 ˂ 0.05). Besarnya nilai koefisien korelasi (R) variabel bukti fisik terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 0,407. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,165. Empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan pada uji t signifikan ˂ α (0.000 ˂ 0.05). Besarnya nilai koefisien korelasi (R) variabel empati terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 0,338. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,373. Bukti fisik dan empati berpengaruh teradap variabel kepuasan pelanggan. hal ini dibuktikan dengan uji F signifikan hitung ˂ α (0.000 ˂ 0.05). Besarnya nilai koefisien korelasi (R) bukti fisik dan empati terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 0,373. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,346.
ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM ZAKAT MAAL PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN BENGKALIS Oktalina, Risa; Kurniawan, Luluh Abdillah
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.591 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan zakat maal yang belum maksimal. Jenis penelitian di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data primer serta skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan data Kepustakaan. Teknik analisa data di dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menun-jukan bahwa Efektifitas pengelolaan zakat di Baznas Kaabu-paten Bengkalis dilaksanakan dengan menggunakan prinsip tujuan, strategi, prinsip pengelolaan, dan pengendalian. Pengelolaan zakat maal memiliki tujuan yang jelas dalam pen-erimaan dan pendistribusian. Bebebrapa strategi untuk me-maksimalkan penerimaan zakata, diantaranya dengan mem-bentuk UPT zakat dan melakukan pendataan mustahik zakat. Pengelolaan zakat maal dikelola secara komputerisasi dengan menggunakan aplikasi SIMBA (Sistem Informasi Manajemen Baznas). Aplikasi ini disusun berdasarkan undang-undang Indonesia Nomor 23 tahun 2011. Proses pengendalian dan pengawasan di Baznas dilakukan berdasarkan kebijakan pengawasan lembaga publik non laba. Selain itu pengendalian internal dilaksanakan berdasarkan peraturan pemerintahan tentang pengendalian internal pemerintahan. Kendala dalam pengelolaan zakat di Kabupaten Bengkalis dilihat dari bebera-pa keadaan, yaitu minimnya sumber daya manusia yang berkualitas, pemahaman fikih amil yang belum memadai, rendahnya kesadaran masyarakat, teknologi yang digunakan dan sistem informasi zakat yang digunakan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PETANI KELAPA SAWIT DALAM MEMBAYAR ZAKAT HASIL PERKEBUNAN DI DESA MESKOM KABUPATEN BENGKALIS Nurlatifah; Aziz, Syaefudin
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.445 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i1.8

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi untuk mengetahui potensi zakat hasil perkebunan kelapa sawit dan menganalisis fakor-faktor apa yang mempengaruhi petani kelapa sawit dalam mem-bayar zakat hasil perkebunan di Desa Meskom. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey lapangan dengan metode angket, wawancara dan dokumentasi dan pendekatannya adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 orang dengan sampel ber-jumlah 30 orang diambil dari keseluruhan populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sam-pel jenuh. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah dengan bantuan IBM SPSS statistics 24 ini variabel kepercayaan dan religiusitas mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan dalam membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit. Se-dangkan pendapan mempunyai pengaruh positif dan signif-ikan dalam membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit. Hasil uji F dapat disimpulkan bahwa kepercayaan, religiusitas dan pendapatan secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh signifikan dalam Membayar Zakat hasil perke-bunan kelapa sawit. Hasil diperoleh angka koefisien determi-nasi atau R2 sebesar 32,2% dalam membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit dipengaruhi oleh tingkat ke-percayaan, religiusitas dan pendapatan. Sedangkan sisanya sebesar 67,8% disebabkan oleh faktor lain diluar penelitian ini.
PENGARUH TRANSPARANSI, PARTISIPASI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA LANAUS KECAMATAN INSANA TENGAH KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA Amleni, Wilfridus; Mentu, Handrianus; Lake, Yeremias
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.965 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i1.9

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif menggunakan data primer serta sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Aparat Desa Lanaus ber-jumlah 10 Orang, Toko Adat 11 Orang, Toko Agama berjumlah 4 Orang dan 40 Toko Masyarakat di Desa Lanaus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampel jenuh Non Probability Sampling atau keseluruhan populasi diangkat sebagai sampel. Jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan transparansi baik, partisipasi cukup baik, akuntabilitas baik dan pengelolaan dana desa cukup baik di Desa Lanaus. Transparansi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengelolaan dana desa di Desa Lanaus. Partisipasi ber-pengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap pengelolaan dana desa di Desa Lanaus. Akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana desa di Desa Lanaus.
PENGARUH FASILITAS KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN: (Studi Pada PT Karunia Berlian Makmur) Abu Bakar Sidik, Haris; Aziz, Syaefudin; Taolin, Maximus L
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.142 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i2.16

Abstract

This study aims to determine the simultaneous influence of work facilities and work environment on employee performance and the partial influence of work facilities and work environment on employee performance at Karunia Berlian Makmur PT. This research is a quantitative research with a descriptive approach. The population in this study were all employees PT.Karunia Berlian Makmur totaled 250 employees with a sample taken of 154 respondents. The method of analysis in this study uses multiple linear regression analysis with the help of SPSS version 21 software. The results of this study indicate that the work facilities and work environment simultaneously affect employee performance with the value f count > f tabel (438,548 > 3,055), and the significance value is 0,000 < 0,05, t test results approved that work facilities and work environment having a positive and significant effect towards employee performance with the value of t count > t tabel, with each score 2,230 and 6,612 with a significance value of work facilities > 0,05 and work environment  < 0,05. The multiple linear regression model in this study is Y = 12,238 + 0,209X1+0,632X2.
MANAJEMEN PELAYANAN BIRO PERJALANAN HAJI PLUS DAN UMRAH PADA PT. TANIM WISATA RELIGI DURI RIAU MENURUT UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2019 Zulfila, Zulfila
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.729 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i2.18

Abstract

Tujuan pelayanan adalah untuk membangun kesetiaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Biro Perjalanan Haji Plus & Umrah Pada PT.Tanim Wisata Religi Duri Riau. Sedangkan yang menjadi permasalahan adalah: “Bagaimana Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Haji Plus & Umrah Dan Upaya PT.Tanim Dalam Meningkatkan Pelayanan Haji Plus & Umrah PT.Tanim Wisata Religi Duri Riau Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019”. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada PT.Tanim  Wisata Religi Duri Riau. Metode Penelitian adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Sumber data adalah wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian sebanyak 23 responden. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 bahwa telah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang  dan telah dilaksanakan dengan baik dalam Manajemen Pelayanan PT.Tanim tersebut. kemudian pada pelayanannya telah mendapatkan pengawasan langsung dari pimpinan serta dalam proses Pelayanan diberikan langsung ketika sebelum Jamaah diberangkatkan, ketika Jamaah sudah berada di Tanah Suci, dan juga perpulangan Jamaah.
MENELUSURI NILAI KERJA DAN PROBLEMATIKA KARYAWAN ANTAR GENERASI PADA DUNIA AKADEMISI: (Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Pekalongan) Ria, Micki
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.964 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i2.19

Abstract

Isu perbedaan antar generasi di tempat kerja masih menjadi bahasan baru dalam riset organisasional. Perbedaan tersebut meliputi perbedaan nilai kerja yaitu ekstrinsik, intrinsik, altruistik dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menggali tipe nilai kerja yang diprioritaskan oleh masing-masing generasi. Data penelitian ini diambil secara kualitatif (wawancara mendalam) dari 7 responden yang seluruhnya adalah dosen Prodi Manajemen Universitas Pekalongan dari berbagai rentang usia (generasi baby boomer, X dan Y). Teknik analisis yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kolektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen generasi baby boomer lebih mengedepankan nilai kerja intrinsik dan altruistik dibanding nilai lainnya. Generasi X lebih mengutamakan nilai kerja altruistik dan sosial, sedangkan generasi Y lebih memprioritaskan nilai kerja altruistik dan sosial dalam bekerja. Keterbatasan penelitian yaitu proses wawancara hanya dilakukan sekali sehingga informasi yang didapat masih umum. Penelitian berikutnya dapat menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi. Diharapkan penelitian ini dapat menyumbang pemikiran teoritis guna dijadikan solusi efektif utnuk meminimalisir terjadinya problematika antar generasi pada dunia akademisi.
KAUSALITAS ANTARA MASUKNYA INVESTASI DARI RRT, INVESTASI AS DAN EKSPOR JASA INDONESIA Fawaiq, Muhammad
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.209 KB) | DOI: 10.58290/jmbo.v1i2.20

Abstract

Sektor jasa dari Amerika Serikat (AS) dengan masuknya FDI dari Tiongkok (RRT) serta pengaruhnya pada ekspor jasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptip dan estimasi dengan pendekatan VECM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investasi sektor jasa menempati porsi terbesar dari total investasi RRT di Indonesia. Sementara itu, untuk FDIAS, sektor ini berada di urutan kedua di bawah sektor primer namun pertumbuhannya paling besar. Hasil estimasi VECM menunjukkan bahwa terdapat hubungan Kausalitas Granger jangka panjang satu arah dengan FDICH sebagai variabel terikat. Selanjutnya terdapat hubungan kausalitas Granger jangka pendek dua arah antara FDI AS dengan FDI RRT. FDI AS juga memiliki hubugan kasalitas dua arah dengan ekspor. Sementara itu tidak terdapat hubungan kausalitas jangka pendek antara FDI RRT dengan ekspor. Dengan kata lain, dalam jangka panjang, kebedaraan FDIUS di Indonesia memacu masuknya FDI RRT ke Indonesia, sementara dalam jangka pendek masuknya investor AS didorong oleh adanya investor RRT dan sebaliknya. Selanjutnya, FDI AS signifikan mendorong ekspor sementara FDI RRT tidak.

Page 1 of 14 | Total Record : 133