Pentingnya penggunaan media pembelajaran yang mampu memberikan efek signifikan terhadap proses siswa dalam menemukan ide dan gagasan menjadi hal yang utama, namun penggunaan media pembelajaran yang menarik dan berorientasi digital pada saat ini kurang diminati, untuk itu antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung bersikap pasif merupakan salah satu penyebab rendahnya keterampilan siswa. Selain itu karena masih rendahnya kemampuan menulis cerpen pada siswa. Siswa kesulitan mengungkapkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk cerita pendek. Dari hal tersebut, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Media pembelajaran podcast Spotify terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan design quasi experimental. Hasil analisis data hasil belajar Pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh dengan nilai rata-rata pretest sebesar 51,471 dan rata-rata nilai posttest sebesar 81,647. Dengan N = 17, Diperoleh thitung = 6,881 dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,035. Karena thitung = 6,881 > ttabel = 2,035. Hal ini menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya keefektifan penggunaan media digital podcast Spotify terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kota Cirebon.The importance of using learning media that is able to have a significant effect on students' process of finding ideas is the main thing, however the use of interesting and digitally oriented learning media is currently less popular, therefore students' enthusiasm in participating in learning tends to pretend to be passive. one of the causes of low student skills. Based on this, the aim of this research is to determine the effectiveness of the Spotify podcast learning media on the short story text writing skills of class IX students at SMP Negeri 7 Cirebon City. This type of research is quantitative research using a quasi-experimental design. The results of data analysis on pretest and posttest learning outcomes using the t-test were obtained with an average pretest score of 51.471 and an average posttest score of 81.647. With N = 17, obtained tcount = 6.881 with a 5% significance level of 2.035. Because tcount = 6.881 > ttable = 2.035, this shows that the t test has a significant effect. This shows that there is effectiveness in using the Spotify podcast digital media on the short story text writing skills of class IX students at SMP Negeri 7 Cirebon City.
Copyrights © 2024