Jurnal Guru Indonesia
Vol 4, No 1 (2024)

Keefektifan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Cerita Inspiratif

Nasa, Arifin (Unknown)
Mulyaningsih, Indrya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membuktikan keefektifan media audiovisual terhadap keterampilan menulis cerita inspiratif di MTs Salafiyah Bode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Salafiyah Bode dengan jumlah 173. Dari populasi tersebut terpilihlah sampel kelas IX-A dengan menggunakan teknik Purposive Sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal. Uji validitas menggunakan pengujian validitas konstruk. Uji reliabilitas menghasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,647. Hasil uji normalitas menggunakan nilai Sig. Monte Carlo menghasilkan nilai signifikansi 0,354 yang mana lebih besar dari 0,05. Hasil uji homogenitas memiliki Sig. 0,290. Analisis data dengan uji t satu sampel menghasilkan 𝑃𝑣𝑎𝑙𝑢𝑒 < 𝛼 yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa media audiovisual efektif terhadap keterampilan menulis cerita inspiratif.This study aims to describe and prove the effectiveness of audiovisual media on inspirational story-writing skills in MTs Salafiyah Bode. The method used in this study is experimental research. This study used a quasi-experimental design with a form One-Group Pretest-Posttest Design. The population in this study was all grade IX students of MTs Salafiyah Bode with a total of 173. From this population, class IX-A samples were selected using the Purposive Sample technique. The data collection techniques used are observation and tests. The instruments used in this study were observation sheets and questions. Validity testing uses construct validity testing. The reliability test resulted in a reliability coefficient of 0.647. The results of the normality test using the Sig. Monte Carlo value produces a significance value of 0.354 which is greater than 0.05. The homogeneity test result has a Sig. of 0.290. Data analysis with a one-sample t-test yields a P-value < α of 0.000 < 0.05. This shows that audiovisual media is effective against the skill of writing inspirational stories.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Guru Indonesia atau JGI menerbitkan artikel hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik di sekolah dasar, sekoah menengah pertama, maupun sekolah menengah ...