Jurnal Guru Indonesia
Vol 4, No 1 (2024)

Keefektifan Media Vlog terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita di SMA

Latifah, Tia (Unknown)
Rianto, Rianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran menulis teks berita menggunakan media vlog terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII Mipa tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui keefektifan media vlog terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Sukahaji tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 3, sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa. Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan media vlog, yaitu pada saat pretest memperoleh nilai rata-rata 66,16 pada hasil posttest menjadi 84,8. Kemudian berdasarkan Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa penggunaan media vlog efektif dalam keterampilan menulis teks berita kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Sukahaji Tahun Pelajaran 2023/2024. This study discusses the learning of writing news texts using vlog media on the skills of writing news texts for students of class XII MIPA in the 2023/2024 academic year. The purpose of the study was to determine the effectiveness of vlog media on news text writing skills in class XII MIPA students at SMA Negeri 1 Sukahaji in the 2023/2024 academic year. This research is quantitative research with a quasi xperimental design of nonequivalent control group design. The subjects of this study were students of class XII MIPA 2 as the experimental class and MIPA 3, as the control class with each class consisting of 25 students. Based on the results of the research and discussion that the students' news text writing skills have increased after being given treatment with vlog media, namely at the time of the pretest obtained an average value of 66.16 in the posttest results to 84.8. Then based on the results of the test shows a significance value of 0.000 <0.05, indicating that the use of vlog media is effective in writing news text skills in class XII MIPA SMA Negeri 1 Sukahaji in the 2023-2024 academic year.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Guru Indonesia atau JGI menerbitkan artikel hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik di sekolah dasar, sekoah menengah pertama, maupun sekolah menengah ...