Keterbatasan jumlah dan kualitas media pembelajaran dalam pendidikan menghambat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video pembelajaran yang dapat mendukung pendidik dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D), dengan partisipasi ahli materi, ahli media, dan mahasiswa yang mengambil matakuliah teknologi pengkondisian udara di Universitas Negeri Padang dengan jumlah 75 mahasiswa. Instrumen penelitian ini mencakup penggunaan kuisioner atau angket yang diisi oleh para ahli untuk mengevaluasi validitas media yang dikembangkan, serta oleh mahasiswa untuk menilai praktikalitasnya. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif, dan respons dari peserta dikonversi menjadi nilai berdasarkan skala Likert. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dan praktis, sehingga dapat efektif digunakan dalam pembelajaran di dalam atau di luar kelas oleh individu. The limited number and quality of learning media in education hinders students' understanding of the material being taught. This research aims to develop a learning video that can support educators in the learning process. The research method used was research and development (R&D), with the participation of material experts, media experts, and 75 students taking air conditioning technology courses at Padang State University. This research instrument includes the use of questionnaires filled out by experts to convey the validity of the media being developed, as well as by students to assess its practicality. Data analysis was carried out using descriptive analysis methods, and responses from participants were converted into scores based on a Likert scale. The evaluation results show that the media developed is in the valid and practical category, so that it can be effectively used in learning inside or outside the classroom by individuals.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024