Wasana Nyata
Vol 7, No 2 (2023)

Pentingnya Pemasaran Digital Marketing Bagi UMKM di Desa Tegalombo Kabupaten Sragen

Yulia, Yosephine Angelina (Unknown)
Wahyuningsih, Hartati Dyah (Unknown)
Wardhana, Galih Wisnu (Unknown)
Widianto, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2023

Abstract

Di era sekarang ini, para pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal barang yang dibuat oleh UMKM tersebut. UMKM yang memiliki akses online, terlibat di media sosial, dan mengembangkan kemampuan e-commerce-nya biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan dari segi pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing, tetapi masih banyak UMKM yang belum melakukannya. Namun, faktanya masih banyak UMKM yang tidak menggunakan digital marketing sebagai cara untuk memasarkan barang mereka. Karena sebagian besar UMKM melakukan pemasaran produknya secara spontan, tidak terarah, fleksibel, dan apa adanya. Ini menyebabkan usaha kecil dan menengah (UMKM) gagal, bahkan tidak dapat bersaing di pasar. Untuk itu, mitra harus dilatih tentang pentingnya menggunakan digital marketing untuk meningkatkan sistem pemasarannya dan memperluas cakupan target usahanya dan meningkatkan kegiatan penjualan. Pelatihan juga harus diberikan tentang cara membuat akun di media digital dan mengelola media digital secara efektif untuk mempromosikan bisnis UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wasana_nyata

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Nasional ini adalah terbitan berkala ilmiah secara terbuka berbasis ilmu terapan, pengabdian kepada masyarakat dan kajian ilmiah yang diterbitkan oleh Bidang Publikasi Ilmiah STIE AUB Surakarta dengan nomer registrasi ISSN 2580-8443 (online) dan ISSN 2747-2876 (print). Jurnal pengabdian ...