Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaanstandar proses dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Standar proses digunakansebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efesien untukmengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh anak usia dini secara optimal. Standarpendidik dan tenaga kependidikan digunakan sebagai acuan dalam menentukan kriteriaseorang calon guru atau tenaga kependidikan agar sesuai dengan 4 (empat) kompetensiseorang guru PAUD yaitu pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Mengingat betapapentingnya peranan seorang guru ataupun tenaga pendidik serta proses pembelajaran yangdilakukan oleh guru atau tenaga kependidikan terhadap anak usia dini. Model evaluasi yangdigunakan dalam penelitian ini ialah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Modelevaluasi CIPP merupakan sebuah evaluasi dengan model pengambilan keputusan, yangdimana menggambarkan dan merinci lingkungan dalam bidang pengelolaan standar prosesdan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Subjek pada penelitian evaluasi ini adalah TKNeo Genesis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodeobservasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, standarproses memperoleh skor 93,75 kategori sangat baik dengan nilai 5/A, sedangkan standarpendidik dan tenaga kependidikan memperoleh skor 87,5 kategori baik dengan nilai 4/B.
Copyrights © 2023