Sistem dan prosedur penjualan kamar dan restoran merupakan salah satu kegiatandari perusahaan jasa di bidang perhotelan mulai dari penjualan, penerimaankeuangan dan penyimpanan keuangan. Penelitian ini bertujuan untukmendiskripsikan dan menganalisis sistem dan prosedur penjualan kamar yangterdapat dalam J4 Hotels Legian.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatanstudi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis datayang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis terhadap formulir dan catatanakuntansi dalam penjualan kamar, analisis fungsi yang terkait dalam penjualankamar dan restoran, analisis prosedur penjualan kamar dan restoran dan analisispengendalian intern dalam sistem dan prosedur penjualan kamar dan restoran.Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam prosedur dan sistem penjualan kamaryang dilakukan masih terdapat kekurangan. Hal ini ditemukan karena masih adanyaperangkapan fungsi pada bagian front office. Perangkapan fungsi ini dapatmenyebabkan terjadinya kelalaian dan kecurangan, selain itu hal ini juga akanmenyebabkan lemahnya pengendalian intern. Pemisahan fungsi pada setiap bagianharus dilakukan untuk meningkatkan pengendalian intern pada hotel tersebut.
Copyrights © 2023