Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik terhadap data bibliografiartikel-artikel penelitian tentang model pembelajaran problem-posing yang terindeks GoogleScholar dengan menggabungkan analisis dari segi sebaran peta bibliometrik denganVosviewer. Selain Vosviewer, analisis ini juga menggunakan software Publish or Perish (PoP)untuk mendapatkan jurnal-jurnal penelitian terdahulu. Problem posing merupakan metodepembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik berpikir kritis dengan caramemancing siswa agar menemukan masalah berlandaskan subjek yang diberikan sehinggamenantang dan memotivasi siswa untuk menyelesaikannya. Model pembelajaran problemposing pertama kali dikembangkan oleh ahli pendidikan asal Brazil, Paulo Freire, pada tahun1970 yang dituangkan dalam buku Pedagogy of the Oppressed. Sebagai sebuah strategipembelajaran, problem-posing melibatkan tiga keterampilan dasar: mendengarkan, berdialog,dan bertindak. Data didapatkan dari google scholar yang diperoleh melalui software PoP.Proses penyaringan data juga dilakukan berdasarkan kata kunci "problem-posing" yangterdapat pada topik, judul, kata kunci, dan abstrak. Pencarian dilakukan pada artikel yangterbit dalam 10 tahun terakhir yaitu rentang 2014-2023, dengan dua kali pencarian padarentang 2014-2018 dan 2019-2023 karena masih sedikitnya penelitian sehingga diperoleh1965 artikel (978 artikel pada 2014-2018 dan 987 artikel pada 2019-2023). Hasil penelitianmenunjukkan penurunan selama 10 tahun terakhir, pada tahun 2014 terdapat 224 menjadi10 artikel pada tahun 2023. penelitian yang paling banyak diteliti terkait problem posing adalah'model’, dan sedikit yang menghasilkan kata kunci ‘critical pedagogy’. Hasil penelitian tersebutdiperoleh berdasarkan hasil analisis pemetaan menggunakan VOSviewer. Ulasan ini tentunyadiharapkan dapat menjadi bahan referensi dan pertimbangan dalam penelusuran penelitianselanjutnya, khususnya penelitian yang berkaitan dengan problem posing
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023