Pengelolaan administrasi pelayanan publik di desa memainkan peran penting dalam memastikan pelayanan yang efisien, transparan, dan akuntabel kepada masyarakat. Desa Kertosari masih mengandalkan sistem administrasi manual dengan pencatatan di buku besar dan dokumen kertas. Ini sering kali menyebabkan ketidakrapian dalam pengarsipan dan kesulitan dalam mencari data. Meskipun desa ini mulai menggunakan komputer, tetapi belum secara optimal memanfaatkan perangkat lunak tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparat desa dalam manajemen administrasi dan dokumentasi dengan memberikan pelatihan dan pendampingan yang komprehensif. Diharapkan dengan adanya peningkatan kompetensi ini, aparat desa dapat: mengelola administrasi desa dengan lebih baik,meningkatkan akurasi dan kelengkapan dokumentasi kegiatan desa,memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program desa Kegiatan pelatihan ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah pendekatan kepada pihak-pihak terkait agar kegiatan yang dilaksanakan mencapai tujuan dan tepat sasaran. Setelah itu dilakukan pendampingan secara intensif kepada aparat Desa Kertosari .Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa setelah aparat desa mendapatkan pendampingan secara intensif, mereka termotivasi untuk melakukan pekerjaan di Desa Kertosari dengan baik sesuai dengan materi yang disampaikan dalam pendampingan.Mereka juga termotivasi untuk melakksanakan pelayanan public dengan lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024