Kurikulum merdeka merupakan kurikulum pendidikan yang dirancang dan diimplementasikan demi mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik. Salah satu prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka adalah pembelajaran kokurikuler berupa proyek penguatan profil pelajar pancasila yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum. Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila didukung dengan ketersediaan modul. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya modul yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang digunakan dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI topik bioteknologi. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang telah dikembangkan mendapatkan nilai validasi ahli media sebesar 90.66% dengan kategori sangat layak, dan nilai validasi ahli materi sebesar 92.86% dengan kategori sangat layak. Nilai rata-rata n-gain uji coba skala terbatas sebesar 0.59 dengan kategori sedang, dan nilai praktikalitas sebesar 90.18% dengan kategori sangat praktis. Nilai rata-rata n-gain uji coba skala luas di SMA Negeri 4 Kota Ternate sebesar 0.63 dengan kategori sedang, dan nilai praktikalitas sebesar 89.36% dengan kategori sangat praktis. Di SMA Negeri 5 Kota Ternate, nilai rata-rata n-gain score sebesar 0.61 dengan kategori sedang, dan nilai praktikalitas sebesar 89.14% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang telah dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan sebagai salah referensi untuk meningkatkan profil pelajar pancasila di SMA di Kota Ternate.
Copyrights © 2024