Jurnal Jeumpa
Vol 11 No 1 (2024): Jurnal Jeumpa

Kajian Kelebihan dan Kelemahan Penggunaan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran IPA di SMP

Sanimah, Sanimah (Unknown)
Haniyyah, Ummu (Unknown)
Rambe, Imelda Wardani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penggunaan laboratorium sebagai media memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Namun, penggunaan laboratorium di sekolah masih kurang terlaksana dikarenakan keterbatasan fasilitas dan alokasi waktu, sehingga laboratorium virtual hadir sebagai alternatif media yang membantu keterbatasan tersebut. Kajian literatur ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP. Studi literatur ini dilakukan melalui tahapan pengumpulan data pustaka, konseptualisasi, analisis data, dan menarik kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah artikel ilmiah hasil penelitian relevan yang diterbitkan dalam jurnal nasional. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui sekuensi dengan memperhatikan relevansi. Hasil penelitian menunjukan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP memiliki kelebihan dalam meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir, keterampilan proses sains, keterampilan analisis, dan motivasi. Sedangkan kelemahannya berupa kendala teknis seperti jaringan, kesediaan alat, dan kurangnya kecakapan dalam penggunaan aplikasi laboratorium virtual. Hasil dari studi literatur ini dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...