Penggunaan laboratorium sebagai media memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Namun, penggunaan laboratorium di sekolah masih kurang terlaksana dikarenakan keterbatasan fasilitas dan alokasi waktu, sehingga laboratorium virtual hadir sebagai alternatif media yang membantu keterbatasan tersebut. Kajian literatur ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP. Studi literatur ini dilakukan melalui tahapan pengumpulan data pustaka, konseptualisasi, analisis data, dan menarik kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah artikel ilmiah hasil penelitian relevan yang diterbitkan dalam jurnal nasional. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui sekuensi dengan memperhatikan relevansi. Hasil penelitian menunjukan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP memiliki kelebihan dalam meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir, keterampilan proses sains, keterampilan analisis, dan motivasi. Sedangkan kelemahannya berupa kendala teknis seperti jaringan, kesediaan alat, dan kurangnya kecakapan dalam penggunaan aplikasi laboratorium virtual. Hasil dari studi literatur ini dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024