Beranekaragam spesies pterydophyta di kawasan Ekowisata Tangkahan dapat dijadikan sebagai sumber belajar berbasis potensi lokal pada materi plantae, khususnya sub materi pterydophyta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku (pocket book) tentang tumbuhan paku berdasarkan hasil identifikasi keanekaragaman jenis tumbuhan paku di Kawasan Ekowisata Tangkahan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode jelajah pada 3 stasiun, yaitu air terjun, perbukitan, dan pinggiran sungai. Spesimen selanjutnya dikoleksi dan diidentifikasi. Pengembangan buku saku menggunakan model 4D (define, design, develop, and disseminate). Validasi buku saku dilakukan oleh 3 validator dan 2 guru biologi. Uji keterbacaan dilakukan oleh 30 peserta didik SMAN 1 Padang Tualang. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa terdapat 42 spesies tumbuhan paku yang tergolong dalam 12 famili, diantaranya yaitu Polypodiaceae, Dryopteridaceae, Tectariaceae, Aspleniaceae, Thelypteridaceae, Pteridaceae, Sellaginellaceae, Davalliaceae, Gleicheniaceae, Hymenophyae, Blechnaceae, dan Ophioglossaceae. Hasil validasi buku saku diperoleh persentase 87.25% dengan kategori sangat valid/layak, dan uji keterbacaan oleh peserta didik diperoleh persentase 87.3% dengan kategori sangat valid/layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku saku tumbuhan paku yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar pelajaran biologi pada materi plantae untuk siswa di SMA Negeri 1 Padang Tualang.
Copyrights © 2024