Jurnal Jeumpa
Vol 11 No 2 (2024): Jurnal Jeumpa (In Progress)

Analisis Permasalahan Media Pembelajaran Biologi pada Materi Pewarisan Sifat: Studi Kasus pada SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango

Akbar, Muh. Nur (Unknown)
Dama, Lilan (Unknown)
Lamangantjo, Chairunnisah J. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi media pembelajaran biologi yang digunakan oleh guru, menganalisis permasalahan penerapannya, dan mengkaji respon siswa SMA Negeri 1 Tapa terhadap materi pewarisan sifat. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berupa studi kasus, dilakukan pada Mei-Juni 2022 dengan subjek guru biologi dan siswa SMA Negeri 1 Tapa. Data dikumpulkan melalui wawancara guru, kuesioner siswa, dan observasi pembelajaran. Analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, dan penyajian data yang diinterpretasikan secara micro dan macro analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi menggunakan media konvensional seperti papan genetika. Terdapat kelemahan pada empat aspek: kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran, ketepatan penggunaan, kepraktisan waktu, dan kebutuhan teknis. Namun, guru memiliki kekuatan dalam keterampilan menggunakan media dan pengelompokan sasaran. Respon siswa menunjukkan bahwa 63.5% kesulitan memahami materi pewarisan sifat, 90% membutuhkan media pembelajaran lain, dan 100% berharap pengembangan media konvensional terintegrasi teknologi. Oleh karena itu, peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media dan pengembangan media pembelajaran konvensional terintegrasi teknologi diperlukan untuk menunjang pembelajaran pewarisan sifat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...