Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan upaya dalam komunikasi eksternal antara IKA FK UNPAD dengan alumni FK UNPAD serta merumuskan strategi baru. Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan informan dari Bidang Komunikasi dan Informasi, Divisi Integrasi Data dan Informasi, Ketua 2 Bidang Hubungan Internal, Ketua 3 Bidang Penguatan Alumni, dan perwakilan alumni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi eksternal belum maksimal, dengan hambatan utama adalah kurangnya prosedur kegiatan terperinci. Strategi yang dirumuskan untuk mengatasi masalah ini meliputi penyelarasan visi dan misi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, kerjasama dengan PT POS Indonesia, peningkatan sosialisasi penggunaan media sosial, dan efektivitas program-program IKA FK UNPAD. Strategi WO (Weaknesses-Opportunities) diusulkan untuk mengurangi kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang eksternal. Implementasi strategi ini diharapkan meningkatkan intensitas komunikasi dan loyalitas alumni terhadap IKA FK UNPAD.
Copyrights © 2024