Pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di suatu daerah yang tidak optimal berkontribusi pada lambatnya penjualan. Padahal UMKM memberikan kesempatan kerja pada masyarakat untuk membantu pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Strategi dan konsep pemasaran digital yang kuat diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari media digital. Digital marketing adalah penggunaan jaringan media sosial untuk melakukan kegiatan promosi dan memetakan pasar digital. Ide pemasaran digital dapat menyatukan berbagai pihak yang berbeda secara geografis melalui penggunaan komputer atau perangkat elektronik lainnya. Tujuan dari proyek penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran digital yang paling efektif untuk mempromosikan UMKM di Garut Kota Kabupaten Garut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan sumber sekunder (seperti buku, jurnal, dan artikel) digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan produktivitas UMKM di Garut Kota tidak positif. Bahkan dengan dibuatnya website bisnis online, tidak semua orang sudah menerapkan digital marketing plan. Dapat dilihat bahwa strategi pemasaran digital belum banyak mendapat perhatian dari UKM di Garut Kota Kabupaten Garut. Oleh karena itu, diharapkan UMKM yang ada di Garut Kota Kabupaten Garut dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dengan menggunakan strategi digital marketing untuk berjualan secara online.
Copyrights © 2024