PRISMA
Vol 12, No 2 (2023): PRISMA

Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa pada Materi Aljabar Berdasarkan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice

Arianta, Yasvialan (Unknown)
Kartini, Kartini (Unknown)
Yuanita, Putri (Unknown)
Maimunah, Mimunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui miskonsepsi dan persentase miskonsepsi yang dialami peserta didik kelas VIII SMPN 37 Pekanbaru (23 orang) dalam konsep materi aljabar pada April 2023. Lembar tes diagnostik Three Tier yang digunakan sudah valid dan layak digunakan. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Tes diagnostik Three Tier yang diberikan terdiri atas 12 soal materi. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan persentase data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi dalam menentukan unsur-unsur aljabar.  Miskonsepsi dalam melakukan operasi aljabar yang dalam pengerjaannya siswa tetap melanjutkan perhitungan ketika variabel yang ditemukan tidak sejenis. Miskonsepsi dalam operasi perkalian dan pembagian terlihat dari kesulitan siswa dalam mengikuti tahapan penyelesaian yang panjang dalam operasinya. Miskonsepsi pemfaktoran bilangan aljabar dan substitusinya terlihat dari siswa yang kurang memahami proses pemfaktoran aljabar. Hal ini menyebabkan miskonsepsi siswa yang dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan motivasi serta pemahaman siswa yang masih minim.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...