Penelitian ini memuat tentang analisis konsentrasi belajar matematika yang terjadi pada berbagai jenjang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya efektivitas manajemen kelas terhadap kurangnya peningkatan konsentrasi minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Seluruh siswa kelas X IPS1 yang berjumlah 20 siswa digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket (kuesioner), dan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor berkonsentrasi terhadap minat pembelajaran matematika memberikan kontribusi paling tinggi terhadap kemampuan matematis siswa, ini diakibatkan karena pembelajaran yang dilakukan peneliti menuntut siswa untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari dan mampu mengkoneksikannya dengan materi yang sedang dipelajari. Hasil penelitian ini memberi implikasi untuk guru dan sekolah sebagai acuan guna meningkatkan hasil belajar siswa yang optimal.
Copyrights © 2023