E-Learning merupakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaktifkan pelajar, mahasiswa, dan juga pelaku bisnis untuk belajar kapanpun dan diamanapun. Peningkatan pelayanan UMKM menjadi prioritas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat daya saing bisnis. Pelayanan pada UMKM Salatiga, Jawa Tengah menjadi sebuah aspek penting dalam memperkuat sektor ekonomi lokal. Dalam peningkatan pelayanan dapat mencangkup strategi seperti pelatihan, penerapan teknologi informasi, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan. Proses perancangan user interface dan user experience pada website UMKM.EDU memerlukan pemahaman terhadap permasalahan user pada umumnya saat menggunakan e-learning, oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode Design Thinking. Pada metode ini terdapat lima tahapan yang akan dilakukan diantaranya Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pada tahap testing yang dilakukan pada prototype yang sudah dibuat didapatkan metric Single Ease Question (SEQ) pada setiap task berada pada nilai rata – rata 5.6 – 6.8 dari 5 responden dan 5 scenario task. Hasil testing tersebut dapat diartikan bahwa UX pada prototype tersebut dapat berjalan dengan mudah dan telah menjawab kebutuhan dari users.
Copyrights © 2024