Antrian merupakan suatu keadaan yang dapat terjadi ketika seseorang datang ke suatu tempat umum untuk mendapat pelayanan tetapi tidak langsung segara dilayani sehingga menunggu giliran untuk dilayani. Hal ini terjadi untuk menjaga ketertiban pelanggan agar tidak saling mendahului satu sama lain. Sistem antrian di PT. Bank Syariah Indonesia Capem Medan Tomang Elok ini masih dilakukan secara manual, oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem agar memudahkan pelayanan kepada pelanggan serta dapat menghemat lebih banyak waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi sistem antrian nasabah berbasis web untuk membantu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mempersingkat waktu mengantri. Dalam pembuatan aplikasi ini digunakan metode waterfall untuk pengembangan sistem dan pada pengujiannya menggunakan metode black box . Aplikasi ini diperlukan untuk mengatur antrian nasabah agar tidak menumpuk di loket karena terlau banyak antrian yang sedang berlangsung. Setelah mendapat nomor antrian online pelanggan hanya duduk dan menunggu giliran dipanggil tanpa harus memenuhi loket antrian. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi antrian nasabah berbasis web yang menyajikan berupa nomor antrian nasabah, nomor antrian yang sedang berjalan dan memungkinkan untuk pegawai memanggil nomor antrian selanjutnya. Dengan demikian nasabah dan pegawai sangat diuntungkan dalam hal ini yaitu dapat menghemat waktu pelayanan serta tidak terjadi penumpukan di loket antrian. Sistem informasi antrian nasabah ini diharapkan mampu memaksimalkan pelayanan dan mengurangi resiko antrian penuh dan panjang.
Copyrights © 2024