Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program kesetaraan paket C di SKB Kota Bekasi menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam meliputi Context, Input, Process dan Product. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 kepala SKB, 2 tutor dan 2 warga belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Evaluasi Context program kesetaraan paket C di SKB Kota Bekasi sudah sesuai dengan tujuan dan kesesuaian kebutuhan warga belajar; (2) Evaluasi Input mencakup warga belajar, tutor, sarana prasara dan pendanaan sebagian besar sudah sesuai dengan yang diharapkan; (3) Evaluasi Process mencakup kegiatan perencanaan pembelajaran seperti jadwal kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran seperti absensi pembelajaran, materi pembelajaran, kurikulum pembelajaran, strategi pembelajaran dan partisipasi warga belajar semuanya sudah berjalan dengan lancar serta dikatakan sudah cukup baik; (4) Evaluasi Product kualitas hasil warga belajar yang ditinjau dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sudah sesuai dengan yang diharapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024