Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber data adalah M. Miftah Wahyudi, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan Dokumen Kurikulum SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menemukan bahwa pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik model pengembangan kurikulum dilakukan dengan cara, pertama, menentukan apa yang menjadi tujuan Pendidikan Agama Islam; kedua, merancang pengalaman belajar; ketiga, mengorganisir materi dalam bentuk mata pelajaran, dan; keempat, menentukan evaluasi kurikulum dilakuakan setiap tahun yang tujuannya untuk mengukur efektitifitas ketercapaian dan keterserapan materi oleh peserta didik. Model seperti ini memiliki kemiripan dengan teori pengembangan kurikulum Tyler.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024