Tabyin; Jurnal Pendidikan Islam
Vol 6 No 01 (2024): Juni

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Ubaidillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber data adalah M. Miftah Wahyudi, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan Dokumen Kurikulum SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menemukan bahwa pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik model pengembangan kurikulum dilakukan dengan cara, pertama, menentukan apa yang menjadi tujuan Pendidikan Agama Islam; kedua, merancang pengalaman belajar; ketiga, mengorganisir materi dalam bentuk mata pelajaran, dan; keempat, menentukan evaluasi kurikulum dilakuakan setiap tahun yang tujuannya untuk mengukur efektitifitas ketercapaian dan keterserapan materi oleh peserta didik. Model seperti ini memiliki kemiripan dengan teori pengembangan kurikulum Tyler.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tabyin

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

TABYIN: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik Indonesia. Terbit setiap Juni dan Desember setiap tahun. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi dalam jurnal ini. Redaksi ...