Reward dan Punishment merupakan salah satu alat edukasi yang digunakan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) bagaimana implementasi Reward dan Punishment untuk meningkatkan kemampuan speaking dan (2) pandangan guru dan siswa terhadap implementasi tersebut pada siswa kelas tujuh di SMPN 8 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa inggris kelas tujuh dan siswa kelas VII-7. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen telaah dokumen, observasi, kuisioner dan wawancara serta dianalisis secara kualitatif melalui sistem pengkodean dan dideskripsikan secara naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Reward dan Punishment dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran dan kemampuan speaking di dalam kelas. Bagi guru dan siswa, Reward dan Punishment sangat bagus dan penting sebagai alat edukasi dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar siswa.
Copyrights © 2023