Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin belajar, lingkungan belajar, peran orang , tanggung jawab belajar, dan kesehatan mental (Mentality) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS di SMAN 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Solok Selatan yang berjumlah 74 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji Regresi Linear Berganda dan uji hipotesa dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar. 2) Terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan belajar (X2) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS di SMAN 3 Solok Selatan. 3) terdapat pengaruh signifikan antara peran orang tua (X3) terhadap prestasi belajar. 4) terdapat pengaruh signifikan antara tanggung jawab belajar (X4) terhadap prestasi belajar. 5) terdapat pengaruh signifikan antara kesehatan mental (Mentality) (X5) terhadap prestasi belajar. 6) terdapat pengaruh disiplin belajar, lingkunan belajar, peran orang tua, tanggung jawab belajar, dan kesehatan mental (Mentality) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.
Copyrights © 2023