Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi belajar. 4) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. 5) pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar. 6) pengaruh disiplin belajar, kepercayaan diri, kemampuan berfikir kritis, lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2023.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif assosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 34 Kabupaten Tebo. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 86 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS dan Eviews. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar 2) kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar 3) kemampuan berfikir kritis berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar. 4) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap belajar. 5) teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar. 6) disiplin belajar, kepercayaan diri, kemampuan berikir kritis, lingkungan keluarga, dan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Katakunci : Prestasi Belajar, Disiplin Belajar, Kepercayaan Diri, Kemampuan Berfikir Kritis, Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya.
Copyrights © 2023