Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self efficacy, potensi diri, dukungan orang tua, biaya pendidikan dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Sijunjung. Penelitian ini tergolong deskriptif dan asosiatif karena penelitian ini menentukan hubungan sebab akibat dari variabel independen dan variabel dependen. Adapun populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 4 Sijunjung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu berdasarkan purposive sampledengan dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self efiicacy berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ditunjukkan oleh koefisien sebesar 0.150 dengan nilai thitung sebesar 4.088 > ttabel sebesar 1.664. (2) Potensi diri berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.087 dengan nilai thitung sebesar 3.361 > ttabel sebesar 1.664. (3) Dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.390 dengan nilai thitung sebesar 6.884 > ttabel sebesar 1.664. (4) Biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.319 dengan nilai thitung sebesar 10.367 > ttabel sebesar 1.664. (5) Lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.069 dengan nilai thitung sebesar 2.952 > ttabel sebesar 1.664. (6) Self efficacy, potensi diri, dukungan orang tua, biaya pendidikan dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dimana diperoleh nilai Fhitung 91.999 > Ftabel 2.33 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Kata kunci: Self Efficacy, Potensi Diri, Dukungan Orang Tua, Biaya Pendidikan dan Lingkungan Sekolah
Copyrights © 2023