Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self efficacy, reputasi, dukungan orang tua, teman sebaya dan promosi terhadap keputusan melanjutkan pendidikan ke Universitas PGRI Sumatera Barat. Penelitian ini tergolong deskriptif dan asosiatif karena penelitian ini menentukan hubungan sebab akibat dari variabel independen dan variabel dependen. Adapun populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu berdasarkan purposive sample dengan jumlah sampel sebanyak 43 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self efiicacy berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa melanjutkan pendidikan ditunjukkan oleh koefisien sebesar 0.477 dengan nilai thitung sebesar 47.134 > ttabel sebesar 1.687. (2) Reputasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa melanjutkan pendidikan ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.141 dengan nilai thitung sebesar 15.696 > ttabel sebesar 1.687. (3) Dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa melanjutkan pendidikan ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.252 dengan nilai thitung sebesar 26.820 > ttabel sebesar 1.687. (4) Teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahaiswa melanjutkan pendidikan ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.026 dengan nilai thitung sebesar 3.778 > ttabel sebesar 1.687. (5) Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa melanjutkan pendidikan ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.011 dengan nilai thitung sebesar -2.089 > ttabel sebesar 1.687. (6) Self efficacy, potensi diri, dukungan orang tua, biaya pendidikan dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dimana diperoleh nilai Fhitung 8985.940 > Ftabel 2.36 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.
Copyrights © 2024