Jurnal Horizon Pendidikan
Vol 3, No 3 (2023)

Pengaruh Potensi Diri, Lingkungan Teman Sebaya, Perencanaan Karir, Pendapatan Orang Tua, Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Di SMK N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Pratiwi, Sri Mailis (Unknown)
Jolianis, Jolianis (Unknown)
Putri, Yosi Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan potensi diri, lingkungan teman sebaya, perencanaan karir, pendapatan orang tua, tingkat pendidikan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan asosiatif. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/ 2023. Yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 380 siswa dengan teknik Stratified random sampling sebanyak 119 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Analisa data menggunakan uji regresi logistik dengan menggunakan SPSS 25.0.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Potensi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMKN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukan bahwa nilai sebesar 6,432 > sebesar 1,981 (144,513) dan nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikannya 0,011 < = 0,05. Semakin tinggi potensi yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (2) Lingkungan teman sebaya berpengaruh dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMKN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukan bahwa nilai sebesar 5,902 > sebesar 1,981 (144,513) dan nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikannya sebesar 0,015 < = 0,05. Semakin baik atau positif lingkungan pergaulan siswa/siswi maka semakin meingkat pula minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi (3) Perencanaan karir berpengaruh dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMKN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukan bahwa nilai sebesar 4,315 > sebesar 1,981 (144,513) dan nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikannya sebesar 0,038 < = 0,05. Semakin terarah perencanaan karir siswa/siswi ke depannya maka semakin tinggi pula minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (4) Pendapatan orang tua berpengaruh dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMKN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukan bahwa nilai sebesar 4,861 > sebesar 1,981 (144,513) dan nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikannya sebesar 0,027 < = 0,05. Apabila kondisi keuangan orang tua tinggi maka minat melanjutkan studi ke perguruan akan tinggi pula. (5) Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMKN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukan bahwa nilai sebesar 7,193 > sebesar 1,981 (144,513) dan nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikannya sebesar 0,007 < = 0,05. Apabila tingkat pendidikan orang tua tinggi maka akan mendorong siswa/siswi dalam minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (6) Potensi diri, lingkungan teman sebaya, perencanaan karir, pendapatan orang tua, dan tingkat pendidikan orang tua berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMKN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukan bahwa nilai sebesar 116,011 > dari hasil sebesar 2, 294 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < = 0,05.Untuk meningkatkan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang lebih baik penulis menyarankan untuk lebih meningkatkan lagi potensi diri, lingkungan teman sebaya, perencanaan karir, pendapatan orang tua dan tingkat pendidikan orang tua pada siswa kelas XII di SMK N 1 Kinali Kabupaten Pasaman baratKata Kunci : Minat Melanjutkan ke perguruan tinggi, potensi diri, lingkungan teman sebaya, perencanaan karir, pendapatan orang tua, tingkat pendidikan orang tua.ABSTRACTThis study aims to analyze the partial and simultaneous influence of self-potential, peer environment, career planning, parental income, parental education level on the interest in continuing their studies to tertiary institutions.This type of research is descriptive and associative research. The research was conducted in the even semester of the 2022/2023 academic year. The students used in this research were class XII students of SMK Negeri 1 Kinali, West Pasaman Regency, for the 2022/2023 academic year, totaling 380 students using a stratified random sampling technique of 119 samples. Data collection techniques using a questionnaire questionnaire. Data analysis used logistic regression test using SPSS 25.0.The results showed that: (1) Self-potential has a positive and significant effect on interest in continuing studies at higher education at SMKN 1 Kinali, West Pasaman Regency, which shows that the t_count value is 6.432 > t_table of 1.981 (144.513) and the probability value is smaller than the significance level of 0.011 < α = 0.05. The higher the potential a student has, the higher the interest in continuing their studies to college. (2) The peer environment has a significant and significant influence on interest in continuing studies at higher education at SMKN 1 Kinali, West Pasaman Regency, which shows that the t_count value is 5.902 > t_table of 1.981 (144.513) and the probability value is smaller than the significance level of 0.015 < α = 0.05. The better or more positive the student's social environment, the greater the interest in continuing their studies to higher education (3) Career planning has a significant and significant influence on the interest in continuing their studies to higher education at SMKN 1 Kinali, West Pasaman Regency, which shows that the t_count value is 4.315 > t_tabel amounting to 1.981 (144.513) and the probability value is smaller than the significance level of 0.038 < α = 0.05. The more focused a student's future career planning is, the higher their interest in continuing their studies at university. (4) Parents' income has a significant influence on interest in continuing their studies to higher education at SMKN 1 Kinali, West Pasaman Regency, which shows that the t_count value is 4.861 > t_table of 1.981 (144.513) and the probability value is smaller than the significance level of 0.027 < α = 0.05. If the parents' financial condition is high then interest in continuing their studies at university will also be high. (5) The level of parental education has a significant and significant influence on interest in continuing studies at higher education at SMKN 1 Kinali, West Pasaman Regency, which shows that the t_count value is 7.193 > t_table of 1.981 (144.513) and the probability value is smaller than the significance level of 0.007 < α = 0.05. If the level of parental education is high, it will encourage students to be interested in continuing their studies at university. (6) Self-potential, peer environment, career planning, parents' income, and parents' level of education simultaneously and significantly influence interest in continuing their studies to higher education at SMKN 1 Kinali, West Pasaman Regency, which shows that the calculated F_value is 116.011 > of F_table results are 2,294 with a significance level of 0.000 < α = 0.05.To increase students' interest in continuing their studies at a better university, the author suggests further improving self-potential, peer environment, career planning, parental income and parental education level for class XII students at SMK N 1 Kinali, West Pasaman Regency.Keywords: Interest in continuing to tertiary education, self-potential, peer environment, career planning, parental income, parental education level. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

horizon

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Horizon Pendidikan (2775-5770) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Lybrary of Universitas PGRI Sumatera Barat. Jurnal Horizon Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about ...