Jurnal Horizon Pendidikan
Vol 3, No 3 (2023)

Pengaruh Bimbingan Orang Tua, Bimbingan Orangtua, Gaya Belajar, Fasilitas Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 16 Padang

Sefrina, Yosi (Unknown)
Ronald, Jimi (Unknown)
Amelia, Mona (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan orangtu, kemandirian belajar, gaya belajar, fasilitas belajar, disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi SMAN 16 Padang. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif asosiatif. Karena penelitian ini menentukan hubungan sebab akibat dari variabel independen dan variabel dependen. Adapun populasi dalam penelitian adalah seluruh jumlah siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi SMAN 16 Padang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan metode proporsional random sampling yaitu cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan cara acak tanpa memperhatikan stata dalam populasi tersebut. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 174 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bimbingan orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar diperoleh nilai koefisien jalur bimbingan orangtua sebesar 0,163 (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar diperoleh nilai koefisien jalur kemandirian belajar sebesar 0,237 (3) Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar diperoleh nilai koefisien jalur gaya belajar sebesar 0,193 (4) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar diperoleh nilai koefisien jalur fasilitas belajar sebesar 0,189 (5) Bimbingan orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh nilai koefisien jalur bimbingan orangtua sebesar 0,200 (6) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh nilai koefisien jalur kemandirian belajar sebesar 0,262 (7) Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh nilai koefisien jalur gaya belajar sebesar 0,163 (8) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh nilai koefisien jalur fasilitas belajar sebesar 0,242 (9) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh nilai koefisien jalur disiplin belajar sebesar 0,194.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan orangtu, kemandirian belajar, gaya belajar, fasilitas belajar, disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

horizon

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Horizon Pendidikan (2775-5770) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Lybrary of Universitas PGRI Sumatera Barat. Jurnal Horizon Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about ...