Jurnal Horizon Pendidikan
Vol 3, No 4 (2023)

Pengaruh Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Pemberian Reward, Lingkungan Belajar, Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA N 10 Sijunjung

Wahyuni, Fitri (Unknown)
Eprillison, Vivina (Unknown)
Amaluis, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh gaya belajar, kemandirian belajar, pemberian reward, lingkungan belajar, dukungan orang tua, dan pengaruh gaya belajar, kemandirian belajar, pemberian reward, lingkungan belajar dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif assosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 10 Sijunjung. Teknik pengambilan sampel dengan Propotional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 89 siswa. 1). gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,443. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,182 > ttabel sebesar 1,66342. 2). kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,345. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,136 > ttabel sebesar 1,66342. 3). pemberian reward berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,410. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,788 > ttabel sebesar 1,66342. 4). lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,150. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,535 > ttabel sebesar 1,66342. 5). dukungan orangtua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,186. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,439 > ttabel sebesar 1,66342. 6). gaya belajar, kemandirian belajar, pemberian reward, lingkungan belajar dan dukungan orangtua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 123,227> Ftabel 2,32 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

horizon

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Horizon Pendidikan (2775-5770) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Lybrary of Universitas PGRI Sumatera Barat. Jurnal Horizon Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about ...