Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok yang berjumlah247 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok sebelum menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) memperoleh nilai 56,4 berada pada rentangan 56-65% dengan kualifikasi sedang,. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok sesudah menggunakan model pembelajaran memperoleh nilai berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi cukup artinya siswa sudah mempu memahami struktur dan kaidah kebahasaan secara baik karena nilai siswa meningkat dari yang sebelum menggunakan model.Disana terlihat juga peningkatan nilai 72,04 dan rentangan nilai yaitu berkisar 66-75% diskala 10. Dengan demikian penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok.
Copyrights © 2024