Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, 2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, 3) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa, 4) pengaruhbimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa, 5) pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa, 6) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Solok. Minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Solok. Perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Solok. Bimbingan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Solok. Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Solok. Jenis penelitian ini deskriptif dan asosiatif. Sampel pada peneltian ini berjumlah 83 orang siswa diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrimen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan induktif.
Copyrights © 2024