Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 8, No 2 (2023):

Analisis Strategi Penanganan Keluhan Konsumen Indihome Pada PT. Telkom Cabang Kota Kendari

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Tawai, Adrian (Unknown)
Yusnita, Yusnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang PT. Strategi Penanganan Pengaduan Konsumen Indihome Telkom Kendari. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan untuk mencari dan menemukan pemahaman atau pemahaman tentang fenomena dalam setting konteks tertentu, dengan ruang lingkup penelitian adalah Kantor Plasa Telkom Kota Kendari, dengan fokus penelitian pada strategi mengatasi keluhan konsumen indihome. di Plasa Telkom Kantor Kota Kendari. dan menjadikan pimpinan PT. Telkom Cabang Kota Kendari dan dua orang pegawai Plasa Telkom Kota Kendari sebagai informan penelitian sesuai dengan kriteria penelitian. Dalam penelitian ini, pendekatan observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data. Dalam penelitian ini, teknik analisis data digunakan untuk mengungkapkan signifikansi data penelitian dengan mengumpulkan data menurut kategori tertentu dan menempatkannya melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian atau penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, Plasa Telkom Kendari telah menerapkan strategi untuk mengatasi keluhan konsumen yang meliputi empati terhadap pelanggan yang tidak puas, kecepatan dalam menjawab keluhan, keadilan dalam menyelesaikan keluhan, dan kemudahan menghubungi perusahaan. Dimana empati sangat penting dalam menjalin hubungan baik dengan konsumen, menjalankan program penanganan pengaduan sesuai SOP perusahaan agar penanganan dapat dilakukan dengan cepat, keadilan mengacu pada kontrak berlangganan antara Telkom Kendari Plaza dengan konsumen dan penyediaan Call center dan media sosial oleh Plasa Telkom Kendari yang dapat memudahkan perusahaan menghubungi konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BUSSINESUHO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources. ...